1. HOME
  2. LIBRARY
  3. Pedoman Menstruasi
  4. Nyeri Haid(1/2)

Pedoman Menstruasi

Nyeri Haid

Salah satu masalah yang umum dialami pasien ginekolog adalah nyeri haid. Penyebabnya umumnya adalah pelvic congestion syndrome atau yaitu mengkerutnya rahim untuk mengeluarkan darah haid; banyak orang mencoba berbagai cara untuk mengurangi nyeri haid ini. Namun, jika kamu terus merasakan sakit yang berlebihan, segeralah pergi ke ginekolog.

Mengapa Nyeri Haid Terasa Sangat Sakit?

Walaupun kita menyebut berbagai macam nyeri saat menstruasi sebagai “nyeri haid”, letak rasa sakit dan bagaimana rasanya sedikit berbeda untuk setiap perempuan. Jadi kami mengumpulkan macam-macam jenis rasa sakit yang dirasakan oleh orang-orang, dan menanyakannya semua pada ginekolog profesional!

Menurut yang dikirimkan orang-orang, masalah yang terjadi adalah...

Masalah yang sering timbul saat Haid:10% pendarahan terlalu banyak/terlalu sedikit, 4% Pendarahan terlalu lama, 12% Haid tidak teratur, 11% Nyeri haid, 16% PMS, 6% Tidak nyaman selama haid, 10% Keputihan, 5% Bintil-bintil, 26% Lain-lain. Berdasarkan letak rasa sakit: 1. Perut / perut bawah: 113 orang, 2. Punggung bawah: 24 orang, 3. Kepala: 10 orang

Pengalaman Pribadi

Rasanya nyeri haid ini datang dua kali sebulan, yang pertama sakit sekali dan yang berikutnya tidak begitu sakit. (“Hani”, usia 36)

Nyeri haidku menjadi sangat sakit sejak aku berhenti dari kantor dan menjadi ibu rumah tangga. Aku merasa sangat lesu dari pusar ke bawah, jari-jariku mati rasa, perut bawah saya sakit, dan aku tidak bisa lagi bangun pagi. (“Kania”, usia 26)

Nyeri haid yang aku alami menjadi berlebihan sejak saya melahirkan. Hasil tes di rumah sakit tidak menunjukkan apapun yang aneh jadi aku mencoba menahannya saja, tapi aku sudah tidak tahan lagi, jadi sekarang aku mengonsumsi obat bebas. (“Ariana”, usia 37)

Apa penyebab nyeri haid?

Jika bukan karena penyakit, kamu sedang menderita functional dysmenorrhea

Jika kamu tidak sedang menderita penyakit tapi mengalami rasa sakit berlebihan sehingga kamu harus berbaring, itu berarti kamu sedang menderita functional dysmenorrhea. Ini bisa terjadi karena rahimmu mengkerut untuk mengeluarkan darah, juga karena kemacetan di panggul kamu yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, atau karena gangguan di peredaran darah, dan terakhir karena stres.

Gejala umum yang terjadi adalah nyeri di perut bawah selama 2-3 hari pertama haid, ketika darah banyak dikeluarkan. Kadang-kadang kamu bisa merasakan nyeri di bahu, pembengkakan, mual, cepat marah, dan cepat mengantuk.

Kadang-kadang juga kamu bisa merasakan nyeri di tempat selain perut; kemacetan di panggul bisa menyebabkan gangguan pada peredaran darah yang menyebabkan sakit di punggung bagian bawah, serta pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan sakit kepala.

Gejala dan nyeri haid berlebihan bergantian di setiap siklus

Biasanya ovulasi terjadi sekali di tiap indung telur bergantian di tiap siklusnya. Kondisi hormon menentukan jumlah cairan haid, juga tingkat kesakitan dan juga gejala-gejala yang menyertainya.

Sebagian orang hanya mengalami nyeri haid beberapa kali di tiap bulannya. Ini mungkin terjadi karena salah satu indung telur menjadi sangat sensitif. Ini bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan, seperti terjadi kista endometriosis pada salah satu indung telur.


Usia dan perubahan di sekitarmu mempengaruhi nyeri haid juga

Sering dikatakan bahwa ketika kamu semakin tua, semakin sedikitn nyeri haid yang dirasakan. Namun kenyataannya tidak selalu demikian. Perubahan di lingkungan sekitarmu atau stres bisa menyebabkan nyeri haid yang berlebihan juga. Juga halnya kepercayaan bahwa “melahirkan dapat menyembuhkan nyeri haid” (proses melahirkan membuat leher rahim melebar yang membuat darah haid lebih mudah keluar) tidak selalu berlaku untuk setiap orang.


Hormon berlebihan yang menyebabkan sakit saat melahirkan

Tidak sedikit perempuan di usia 20an yang merasakan nyeri haid yang disebabkan oleh hormon prostaglandin yang berlebihan, yaitu hormon yang dikeluarkan di dalam membran. Hormon ini merangsang rahim untuk mengkerut. Jika hormon ini dikeluarkan secara berlebihan ketika rahim mencoba mengeluarkan darah haid, rahim akan mengkerut secara drastis yang menyebabkan nyeri haid.

Sebagai catatan, nyeri saat melahirkan disebabkan juga oleh prostaglandin. Konsumsilah obat yang bisa menghambat pengeluaran hormon ini untuk mengurangi nyeri haid.


Dismenore organik yang disebabkan oleh penyakit

Ada nyeri haid disebabkan oleh penyakit. Penyakit seperti endometriosis dan fibroid, atau nyeri yang disebabkan perekatan yang terjadi karena peradangan disebut sebagai dismenore organik. Untuk kasus tersebut, kamu sebaiknya segera mencari perawatan.

Perawatan di Rumah Sakit

Kapan sebaiknya kamu ke rumah sakit?

Jika nyeri haid masih bisa kamu tahan dengan bantuan obat bebas sesekali, kamu tidak perlu khawatir. Namun, jika nyeri haid yang dirasakan teramat sakit sehingga kamu harus berbaring dan mempengaruhi keseharian kamu, kami menyarankan agar kamu segera pergi ke ginekolog.

Jika tiba-tiba kamu merasakan nyeri yang berlebihan, dan bersamaan dengan rasa sakit darah yang keluar menjadi lebih banyak, atau kamu merasakan rasa nyeri ketika berhubungan intim ataupun saat ke belakang, ini bisa terjadi karena penyakit. Segeralah pergi ke ginekolog agar penyebabnya bisa segera diketahui.

Kunci Perawatan Adalah Untuk Menghilangkan Rasa Nyeri

Ginekolog pertama-tama akan mengecek untuk mengetahui apa penyebab penyakit yang diderita. Jika tes yang dilakukan tidak menunjukkan adanya penyakit, kamu akan dirawat untuk menangani gejala-gejala yang dirasakan.

Untuk rasa nyeri, penghilang rasa nyeri akan diresepkan. Jika kamu memiliki prostaglandin berlebihan, obat untuk mengontrolnya akan diresepkan. Jika kamu mengalami gejala psikologis seperti mudah marah, antidepresan akan diresepkan juga.

Pil kontrasepsi dosis ringan juga efektif untuk melawan nyeri haid. Pil KB juga bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri haid karena pil tersebut mengontrol ovulasi. Pil terbagi menjadi dua jenis tergantung hormon kewanitaan yang dikandung, yaitu pil kombinasi serta pil progesteron. Hormon progesteron mengontrol pertumbuhan dinding rahim. Dengan mengonsumi pil tersebut, kamu bisa mengurangi jumlah darah haid yang keluar.

Obat herbal Cina juga efektif untuk melawan nyeri haid. Obat ini menghangatkan tubuh yang kedinginan, meningkatkan peredaran darah di panggul, serta menghilangkan gejala psikologis seperti mudah marah. Bagaimanapun juga, kamu sebaiknya menjelaskan gejala yang dialami pada dokter untuk bisa mengetahui perawatan yang sesuai dengan keadaanmu.

Copyright© Unicharm Corporation

unicharm