1. HOME
  2. LIBRARY
  3. Pedoman Menstruasi
  4. Bintil-bintil dan Gatal-gatal

Pedoman Menstruasi

Bintil-bintil dan Gatal-gatal

Tidak sedikit perempuan yang nampaknya menderita bintil-bintil dan gatal-gatal selama menstruasi.
Kamu sebaiknya tidak membiarkan gatal-gatal begitu saja, karena mungkin ada penyakit yang menyebabkannya walau Cuma terlihat sebagai bintil-bintil.
Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal ke bintil-bintil dan gatal-gatal dengan melakukan beberapa cara pencegahan.

Apa yang bisa kita lakukan dengan bintil-bintil dan gatal-gatal ini?

Jumlah perempuan yang menderita bintil-bintil di area vulva nampaknya menurun seiring dengan meningkatnya kualitas kebersihan. Walaupun demikian, masih banyak perempuan dengan kulit sensitif yang masih bermasalah dengannya.

Pengalaman pribadi

Aku selalu bermasalah dengan bintil-bintil selama haid. Orang-orang bilang untuk mengganti pembalut secara rutin, tetapi darah yang keluar sangatlah sedikit, dan aku tidak tahu harus seberapa sering aku mengganti pembalut. (“Dewi”, usia 32)

Jumlah cairan vagina yang aku keluarkan bertambah setelah aku hamil, dan terkadang menyebabkan aku gatal-gatal. Karena ini aku pun jadi terkena bintil-bintil ketika cuaca sedang panas. (“Sonia”, usia tidak disebutkan)

Aku kadang-kadang terkena bintil-bintil dari pembalut yang aku kenakan, yang aku coba tangani dengan membeli obat tanpa resep. (“Nina”, usia 33)

Terkadang aku merasa gatal-gatal di area sekitar anus. Biasanya sih gatal-gatalnya tidak begitu mengganggu, tapi ya....” (“Ayu”, usia tidak disebutkan)

Bintil-bintil dan gatal-gatal selama menstruasi

Penyebab utamanya adalah kelembaban dan gesekan

Jika kamu terkena bintil-bintil atau gatal-gatal di vagina selama menstruasi, dua penyebab utamanya adalah panas dan kelembaban. Terus-menerus menempel dengan pembalut akan menyebabkan vagina menjadi lembab. Di dalam kondisi demikian, tidak heran jika kamu akan mendapatkan bintil-bintil yang disebabkan oleh iritasi pada kulit dari darah haid maupun keringat pada pembalut yang tidak terserap. Ini seperti halnya yang terjadi dengan bintil-bintil pada popok yang menyerang bayi; perempuan dengan kulit sensitif juga menderita oleh bintil-bintil tersebut.
Gesekan adalah penyebab lainnya. Sebagai contohnya, ketika kulit menjadi kering, area yang tergesek oleh pembalut ketika bergerak atau berjalan.

Jika kamu mengeluarkan cairan vagina yang tidak normal selain gatal-gatal dan bintil-bintil

Perempuan bisa terkena gatal-gatal dan bintil-bintil di vagina bahkan ketika mereka sedang tidak haid. Jika kamu merasakan gejala-gejala berikut, kamu sebaiknya segera menghubungi dokter, karena kemungkinan kamu sedang menderita suatu penyakit.

Penyakit: Gejala dan karakteristik
Kandidiasis (infeksi jamur)
[Gejala dan karakteristik]
vagina gatal-gatal dan membengkak + cairan vagina yang berwarna putih kekuningan yang disertai semacam butiran tepung. Penyakit ini menyebabkan gatal-gatal yang terus-menerus di area vulva serta vagina. Penyakit ini juga bisa disertai dengan pembengkakan dan nyeri ketika digaruk. Gatal-gatal meningkat sewaktu malam yang dipengaruhi oleh kondisi hangat di tempat tidur.
Trikomoniasis
[Gejala dan karakteristik]
Gatal-gatal serta peradangan + cairan vagina yang berwarna kuning tua atau kehijauan. Cairan vagina terkadang bertekstur seperti foam. Penyakit ini menyebabkan gatal-gatal berlebihan di area vulva, yang akan menyebabkan sakit ketika buang air kecil.
Kutu kemaluan
[Gejala dan karakteristik]
gatal-gatal yang amat kuat + ketombe putih keabuan di akar rambut kemaluan. Ini disebabkan oleh kutu kemaluan yang bersarang di akar rambut kemaluan dan mungkin tertular melalui hubungan intim, berenang di kolam renang, atau dari seprei kasur yang tidak bersih
Scabies
[Gejala dan karakteristik]
gatal-gatal yang amat kuat + bintil-bintil seperti beras merah. Tungau yang bersarang di tubuh akan menyebabkan gatal-gatal yang amat kuat yang bahkan bisa mengganggu tidurmu. Tungau atau kutu ini mungkin tertular melalui celana dalam atau seprei yang tidak bersih.

Apa yang sebaiknya dilakukan ketika terjadi bintil-bintil

Jangan cuci dengan sabun

Sebaiknya kamu mencuci area yang halus di vagina dengan air hangat ketika terserang bintil-bintil. Mencucinya dengan sabun hanya akan memperburuk gejalanya. Berhati-hatilah, karena surfaktan di sabun mandi akan menyebabkan iritasi di area vagina, yang tidak jarang akan menyebabkan peradangan dan masalah lainnya.

Gunakan tisu basah ketika sedang tidak di rumah

Jika kamu merasakan gatal-gatal atau bintil-bintil secara mendadak, usapkan tisu basah dengan halus ke area vulva atau kapas pembersih yang tidak mengandung zat penyebab iritasi. Kami menyarankan agar kamu menjauhi produk yang bisa menyebabkan iritasi seperti alkohol ataupun deodoran.

Jika obat tanpa resep tidak berguna

Bilaslah dengan hati-hati area di mana kamu terkena gatal-gatal atau bintil-bintil dengan air hangat. Setelah kering, usapkan salep di area tersebut dengan halus. Jika obat tanpa resep tidak cukup efektif, kamu sebaiknya segera pergi ke dokter kulit.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bintil-bintil dan gatal-gatal?

Memilih pembalut

Jika kamu khawatir dengan bintil-bintil atau gatal-gatal, sebaiknya kamu memilih pembalut yang terbuat dari katun yang tidak menyebabkan iritasi. Gunakan tampon jika kamu masih merasakan gejala tersebut.

Ganti pembalut secara rutin, dan jagalah kebersihanmu!

Gantilah pembalut secara rutin selama haid, dan jagalah kebersihan dirimu dengan mandi setiap hari.

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau alergi

Banyak orang yang terkena bintil-bintil di vagina atau vulva yang ternyata memiliki kulit yang sensitif atau alergi. Jika demikian, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan ginekolog atau dokter kulit agar bisa mendapatkan perawatan yang cocok.

Tingkatkanlah kekebalan tubuhmu dengan beristirahat yang cukup

Pada umumnya, kulitmu menjadi lebih sensitif dan lebih mudah untuk kerkena bintil-bintil ketika kekebalan tubuhmu menurun. Sangatlah penting agar kamu tidak merasa lelah secara terus menerus dengan cara beristirahat dengan cukup agar kekebalan tubuhmu meningkat. Mulailah untuk menjalani gaya hidup sehat dan cobalah untuk hidup dengan nyaman dengan haid.

Copyright© Unicharm Corporation

unicharm