1. HOME
  2. LIBRARY
  3. Pedoman Menstruasi
  4. Hamil dan Melahirkan(1/2)

Pedoman Menstruasi

Hamil dan Melahirkan

Hamil dan melahirkan adalah momen penting di kehidupan seorang perempuan, yang membawa sebuah jiwa baru ke dunia. Hamil dan melahirkan juga adalah sumber dari kebahagiaan yang hanya bisa dirasakan oleh perempuan. Dengan mempelajari tentang mekanisme kehamilan dan melahirkan, kamu akan lebih memahami tubuhmu sebagai seorang perempuan.

Bagaimana kehamilan terjadi

Bagaimana pembuahan terjadi

How fertilization works

Sperma yang memasuki vagina akan terus maju menuju mulut rahim, di mana sel telur akan menuju bagian saluran telur yang melebar lalu menunggu untuk sperma.

Pembuahan mungkin terjadi selama 24 jam setelah ovulasi

Sel telur memiliki diameter sekitar 0.1 mm. Setelah ovulasi, ketika sel telur keluar dari indung telur, ia akan dibawa ke saluran telur melalui umbai-umbai saluran telur, lalu menunggu sperma untuk tiba di bagian saluran telur yang lebih lebar.
Usia sel telur yang belum dibuahi adalah kira-kira 24 jam, yang merupakan satu-satunya waktu di mana pembuahan mungkin terjadi. Kehamilan tidak akan terjadi jika sel telur tidak bisa mencapai umbai-umbai saluran telur, atau tidak bisa bertemu sel sperma.

Pembuahan terjadi ketika 1 dari sekitar 100 juta – 300 juta sel sperma bertemu dengan sel telur

Sel sperma dihasilkan di buah zakar laki-laki, yang kemudian dikumpulkan di epididimis sebelum sel-sel sperma tersebut diejakulasikan. Ada sekitar 300 juta sel sperma yang dikeluarkan dalam sebuah ejakulasi. Sel sperma, yang berdiameter sekitar 0,06 mm, lalu akan memasuki vagina dan bergerak menuju mulut rahim. Setelah itu, hanya ada sekitar dari 200 sel sperma yang akan mencapai saluran telur. Pada akhirnya, hanya ada satu sel sperma yang akan menembus sel telur di dalam saluran telur. Inilah bagaimana pembuahan terjadi.

Organ seksual laki-laki

The male sexual organ

Seminal vesicle dan kelenjar prostat
TOrgan-organ tersebut mengeluarkan lendir yang dibutuhkan untuk memproduksi cairan mani. Sel sperma tahan terhadap alkali tetapi sangat rawan terhadap asam. Lendir tersebut menyediakan lingkungan yang dibutuhkan dan kondusif bagi keberlangsungan dan aktivitas sel sperma.
Seminal duct
Ini adalah saluran yang membentang sepanjang 35 hingga 40 cm dari epididimis, yang akan dilalui oleh sperma. Saluran ini terhubung dengan saluran kemih di dalam kelenjar prostat.
Epididimis
Epididimis berada di atas testis (orchis) di dalam buah zakar. Epididimis mengumpulkan dan menyimpan sel sperma secara sementara. Ia terhubung dengan seminal duct oleh sebuah saluran.
Testis (Orchis)
Testis dan epididimis berada di dalam buah zakar. Testis adalah sebuah organ berbentuk oval dengan diameter sekitar 4 cm di bagian terpanjangnya dan 3 cm di bagian terpendeknya. Testis adalah organ yang memproduksi sel sperma bagi laki-laki, sebagaimana indung telur memproduksi sel telur bagi perempuan. Testis juga memiliki fungsi pending untuk memproduksi hormon laki-laki.
Mengapa organ sepenting ini berada di bagian luar tubuh yang amat terekspos? Ini dikarenakan bahwa dibutuhkan suhu yang rendah untuk memproduksi sel sperma. Suhu tubuh manusia terlalu tinggi untuk memproduksi sel sperma, maka dari itu testis berada di buah zakar.
Setiap laki-laki memiliki dua buah testis, di kiri dan di kanan. Masing-masing testis berada di dalam buah zakar, dengan buah zakar sebelah kiri posisinya agak lebih di bawah daripada buah zakar kanan. Hal ini disebabkan agar tidak mengganggu ketika berjalan.
Karena testis dilindungi oleh selaput yang padat, maka testis tidak akan memar dengan mudah. Namun, karena buah zakar yang terekspos, tidak jarang testis mengalami rasa sakit.
Buah zakar
Buah zakar adalah sebuah kantung yang megandung testis dan epididimis. Buah zakar yang dimiliki laki-laki kira-kira fungsinya sama dengan labia majora yang dimiliki perempuan. Pada saat puber, kulit buah zakar akan menghitam dan ditumbuhi oleh rambut kelamin.
Buah zakar memiliki struktur yang dibutuhkan untuk melindungi testis, sebuah organ penting yang memproduksi sperma. Ada banyak kerutan di permukaan buah zakar, yang berfungsi sebagai semacam radiator untuk pendinginan sperma, karena sperma sangat rentan terhadap perubahan suhu. Semakin luas sebuah permukaan, semakin banyak panas yang bisa dikeluarkan.
Ketika cuaca menjadi dingin, buah zakar akan mengkerut agar testis menjadi lebih dekat dengan tubuh untuk menjaganya agar tetap hangat.
Penis
Penis menyelimuti saluran kemih. Pada laki-laki, saluran kemih tidak hanya menjadi saluran bagi urin tetapi juga untuk mengalirkan air mani ketika ejakulasi. Di dalam penis terdiri dari korpus spongiosum, sebuah jaringan yang seperti spons. Ketika laki-laki terangsang secara seksual, jumlah darah yang mengalir menuju penis akan meningkat tajam, yang menyebabkan korpus spongiosum menjadi penuh darah dan terjadi ereksi.
Ujung penis disebut dengan kepala penis. Kepala penis Ini sama halnya dengan klitoris yang dimiliki perempuan, yaitu adalah bagian paling sensitif di penis. Penis ditutupi oleh kulit yang disebut kulup. Ketika puber dimulai, kepala penis akan terlihat karena kulup yang terkupas. (Terkadang kepala penis tidak terlihat, kondisi ini disebut sebagai fimosis.)
Saluran kemih
Saluran kemih biasanya digunakan untuk mengalirkan urin, tetapi ketika ejakulasi saluran ini digunakan untuk mengalirkan cairan mani. Ini berbeda dengan tubuh perempuan, di mana bukaan kelaminnya hanya untuk fungsi reproduksi, dan tidak memiliki fungsi lain.
Saluran kemih memiliki struktur yang rumit untuk mengalirkan cairan mani. Biasanya saluran ini menjadi masam karena urin, tetapi ketika laki-laki menjadi terangsang, saluran ini akan mengeluarkan lendir yang mengandung alkali untuk melindungi sel sperma yang mengalir.

Implantasi yang menghasilkan kehamilan

Ketika sel sperma menyatu dengan sel telur, sel telur tersebut menjadi dibuahi. Sel telur yang telah dibuahi kemudian bergerak menuju rahim sambil membelah diri secara terus-menerus. Ketika tiba di rahim, sel telur yang sudah dibuahi tersebut akan berkembang menjadi kurang lebih 100 sel.
Sementara itu, rahim akan menyiapkan bantalan (dinding rahim) bagi sel telur yang sudah dibuahi untuk tinggal. Hormon kewanitaan akan membuat dinding rahim menjadi tebal dan lembut. Sel yang telah dibuahi tersebut akan tiba di rahim lalu tinggal di dinding rahim, seakan-akan menanamkan akarnya. Inilah yang disebut sebagai implantasi, dan menandakan bahwa kehamilan telah dimulai.

Merencanakan Kehamilan

Pastikan kamu sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelumnya

Jika kamu merencanakan untuk hamil, pastikan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit sebelumnya, untuk melihat apakah kamu ternyata menderita penyakit yang dapat berdampak bagi tubuhmu dan janin. Jika kamu sudah mengetahui apa saja penyakit yang kamu derita, kamu bisa merawatnya terlebih dahulu dan mempertimbangkan langkah-langkah pencegahan yang mungkin akan kamu butuhkan selama kehamilan.

Berhentilah merokok atau mengonsumsi alkohol

Begitu kamu memutuskan untuk hamil, jika kamu merokok, segeralah berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Jika kamu berhenti ketika kamu menyadari bahwa kamu telah hamil, janin yang kamu kandung seharusnya tidak akan terkena dampak yang terlalu besar. Namun, jika kamu terus merokok atau meminum alkohol, kamu memberikan resiko yang besar bagi dirimu dan janin.
Merokok selama kehamilan mempengaruhi perkembangan janin. Merokok telah diketahui sebagai penyebab bayi yang lahir dengan berat badan kurang atau bayi yang lahir prematur. Jika ada anggota keluargamu yang perokok, mintalah pada mereka untuk mendukung kehamilanmu dengan berhenti merokok agar kamu tidak menjadi perokok pasif, atau kamu bisa juga menyediakan ruangan khusus untuk merokok di dalam rumah.
Kamu juga sangat disarankan untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol. Jika sang ibu adalah peminum berat, bayi yang dikandung akan terkena resiko kesulitan belajar, perkembangan terhambat, bahkan deformitas atau gangguan pertumbuhan. Inilah yang disebut sebagai Fetal Alcohol Syndrome (FAS). Walaupun kasus ini merupakan kasus yang ekstrem dan dipengaruhi dengan minum alkohol dalam jumlah banyak secara terus-menerus, kamu sebaiknya segera berhenti minum alkohol jika kamu merencanakan kehamilan.

Berkonsultasilah dengan dokter tentang pengobatan yang dibutuhkan

Pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter mengenai pengobatan apapun yang sedang kamu ambil. Obat bebas seperti obat flu dpat memiliki dampak selama kehamilan, sebaiknya kamu segera berhenti mengonsumsinya setelah kamu sadar bahwa kamu hamil. Namun, jika kamu sedang menjalani pengobatan rutin, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan informasi mengenainya. Jika kamu sangat khawatir, kamu bisa minta untuk diperlakukan khusus dalam perawatan jalan. Kami menyarankan kamu untuk menghubungi klinik sebelumnya untuk tahu kapan jam praktek maupun berapa biaya konsultasinya.

Copyright© Unicharm Corporation

unicharm